Aksi Dukung KPK, Ke mana Presiden Kita?

VIVAnews – Insiden “pengepungan” oleh puluhan petugas dari dua polda, Polda Metro Jaya dan Polda Bengkulu ke gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat malam, 5 Oktober 2012, semakin memperkeruh hubungan dua lembaga penegak hukum itu. Sejumlah masyarakat, LSM, seniman, dan para aktivis terus menggalang aksi dukungan kepada KPK.

Sejak Jumat malam itu, sejumlah aktivis dan beberapa tokoh nasional sudah hadir di gedung KPK. Kehadiran gerakan pendukung KPK itu bersamaan dengan kedatangan dua polda yang akan menangkap salah satu penyidik KPK, Komisaris Polisi Novel Baswedan.

Aksi dukungan kepada KPK terus berlanjut. Massa menggelar aksi CiCak atau Cinta Indonesia Cinta KPK di Bundaran HI, Jakarta, Minggu pagi, 7 Oktober 2012. Massa menuntut presiden menunjukkan sikap, kepemimpinan, serta komitmennya dalam pemberantasan korupsi secara tegas.

Dalam aksinya, pendukung KPK itu membentangkan spanduk-spanduk dan poster yang menuntut ketegasan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Spanduk dan poster yang dibentangkan antara lain bertuliskan, “Save KPK”, “KPK: Kemana Presiden Kita”, “#dimana SBY”, serta “Membela KPK.” Berikut FOTO: Dukung KPK, Ke mana Presiden Kita?

Gesekan kuat Polri dan KPK kembali terjadi saat KPK gencar mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan simulator pembuatan Surat Izin Mengemudi dengan tersangka mantan Gubernur Akpol Irjen Pol Djoko Susilo. Salah satu otak penyidik yang juga Wakil Ketua Satgas kasus ini adalah Komisaris Polisi Novel Baswedan.

Novel diburu Polri dan sudah menjadi tersangka kasus dugaan penganiayaan pelaku pencurian sarang burung walet yang berakibat kematian pada 2004 di Bengkulu.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: