29 Granat Aktif Ditemukan Bocah di Pinggir Sungai

Sebanyak 29 buah granat tangan berbentuk bulat ditemukan di pinggir sungai di dekat Jalan Genteng Kali Surabaya, Senin 8 Oktober 2012, sekitar pukul 07.00 WIB. Benda itu ditemukan oleh dua bocah pencari rumput Sahrofa (12) dan Yudha (12), warga Jalan Ahmad Jais, perkampungan tak jauh dari lokasi penemuan.

Untuk mengamankan ke 29 benda itu, tim Gegana Polda Jatim turun ke lokasi dan mengevakuasi. Selanjutnya guna dilakukan penelitian lebih lanjut, granat dibawa ke Mako Brimob. “Ke-29 granat tangan itu jenis granat manggis. Sebagian besar masih aktif karena pen atau pengunci granat masih tertempel. Sebagian lainnya sudah tidak ada pengamannya,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya, Ajun Komisaris Besar Farman.

Benda itu ditemukan tergeletak di atas tanah tanpa ada wadah atau pembungkus. Selain takut dan tidak mau kena risiko, penemu memberitahukan ke warga dan diteruskan melapor ke Polsek setempat.

Munculnya pertanyaan, apakah penemuan itu ada kaitan dengan penemuan sebelumnya, yakni dua pucuk senpi dan ratusan peluru tajam di sebuah rumah kosong di Jalan Pasar Kembang pada 7 September 2012 lalu. Farman mengaku masih belum bisa memastikan. “Belum bisa dipastikan. Sampai saat ini masih dilakukan penyelidikan oleh Satuan Gegana Brimob Polda Jatim,” katanya.

Pihaknya tidak yakin granat-granat tangan itu peninggalan Perang Dunia II karena diantaranya terlihat seperti buatan baru. “Ada juga yang kelihatan berkarat. Kami masih belum bisa pastikan granat ini milik siapa dan kenapa ada di tempat ini.”

Terkait itu, Jalil, penjual stiker tak jauh dari lokasi penemuan menyebut, benda itu sebenarnya sudah ada sejak seminggu lalu. Namun, ia tak mengira kalau benda itu granat.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: