Ledakan Depok, Mr X Bukan Yusuf Rizaldi

Otonominews via VIVAnews

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, menyatakan hasil pemeriksaan DNA salah seorang yang diduga keluarga dari Mr X negatif. Oleh karena itu, polisi memastikan, Mr X bukanlah Anwar, Yusuf Rizaldi (YR), ataupun Abu Toto.

Yusuf diduga adalah penyewa rumah yang meledak di Jalan Nusantara, Beji, Depok, Jawa Barat, Sabtu malam 8 September 2012. Sementara Mr X merupakan korban ledakan di Beji yang kini kritis di Rumah Sakit Polri, Jakarta.

“Dengan demikian, kami kemarin langsung memaksimalkan proses olah TKP, dan menemukan identitas atau KTP, dan dokumen lainnya di Beji, di situ ada KTP dengan inisial W, alamat di Jawa Tengah,” kata Boy di Mabes Polri Jakarta, Rabu 12 September 2012.

Boy mengatakan pihaknya sudah berangkat kemarin sore untuk melakukan pengecekan ke Jawa Tengah. Hasilnya cukup menggembirakan karena mereka segera mendapatkan pembanding DNA lainnya.

“Rencananya akan diperiksa hari ini. Tim sudah tiba tadi pagi dan diharapkan sudah di terima tim DVI untuk dilakukan langkah-langkah pemeriksaan DNA,” ujarnya.

Boy mengakui, para teroris banyak yang memakai nama alias dalam berbagai kegiatannya. Meski demikian, ia optimis segera mendapatkan identitas Mr X yang sebenarnya.

“Jadi masih kami uji silang temuan di lapangan dengan pengakuan saudara Toriq maupun saudara Arif. Dan itu mendukung dengan dugaan-dugaan kami terhadap W. Kami ingin ada kepastian, keluarga dari W ini juga bersedia untuk dilakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Boy melanjutkan, berdasarkan informasi pihak keluarga, W mempunyai kerabat di Jakarta. Keluarga juga menyebutkan bahwa di alis mata kiri W ada bekas jerawat yang tidak hilang.

“Itu juga sedang dilakukan uji silang secara fisik di lapangan di kondisi tubuh korban saat ini. Jadi mengkonfirmasi surat keterangan pihak keluarga dan melakukan cek DNA bisa tuntas besok,” katanya.

Ia menambahkan, identitas lebih mengarah pada W seperti yang tertulis dalam KTP. Namun, polisi tidak ingin mendahului sebelum proses pemeriksaan DNA selesai. “Sulit terbantahkan bila sudah ada hasil DNA,” ujarnya lagi.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Ansyaad Mbai, sendiri sempat menyebut nama Wahyu Ristanto untuk Mr X. Dia mendasarkan itu pada KTP yang ditemukan oleh tim Densus 88 di lokasi. Meskipun demikian dia mengakui bahwa Toriq mengatakan Mr X adalah Anwar. “Itulah teroris, antara nama panggilan dengan nama resmi tidak sama,” ucapnya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: