Luncurkan iPhone5, HTC Akan Gugat Apple

Apple siap meluncurkan iPhone terbarunya minggu ini. Sayangnya produk baru yang ditunggu-tunggu banyak orang itu, mungkin tidak akan semulus produk-produk sebelumnya. Sejumlah gugatan sudah siap menyambut. Gugatan itu menyangkut hak paten.

Dan kali si pengugat itu adalah produsen smartphone asal Taiwan, HTC. Perusahaan itu menggugat Apple atas sengketa paten. HTC yakin Apple melanggar dua paten mereka terkait teknologi LTE.

Apple tampaknya akan menghadapi lawan yang berat. Sebab dia harus membuktikan bahwa paten HTC tidaklah valid. Dan menurut salah satu hakim di Komisi Perdagangan Internasional, soal validitas itulah yang amat sulit dibuktikan.

“Jelas dan meyakinkan itu memiliki arti penting untuk saya. Saya harus benar-benar yakin bahwa paten di AS itu tidak valid,” kata hakim Thomas Pender, seperti dikutip dari TechRadar.

Jika HTC bisa membuktikan paten itu, Apple benar-benar akan ‘kebakaran jenggot’. Sebab dua produk yang siap rilis, iPhone 5 dan iPad Mini, kemungkinan akan menggunakan teknologi 4G LTE. Ada kemungkinan pula dua produk itu dilarang dijual di AS.

Catatan pengadilan menyebutkan bahwa HTC membeli paten dari ADC Telecommunications Inc sebesar US$ 75 juta. “Untuk melindungi diri dan konsumen dari taktik agresif dan melindungi kemampuan untuk bersaing di Amerika Serikat,” tulis dokumen itu.

Hakim Pender pun mengatakan HTC memiliki klaim mendasar terhadap paten itu. Bahkan Pender sudah mengatakan itu kepada pengacara Apple, Michael McKeon dari Fish & Richardson.

“Saya tidak peduli mereka membeli itu untuk menuntut kalian atau bukan. Mereka pemegang hak,” ujarnya.

Dengan demikian, HTC akan menemani Samsung, yang juga siap mengajukan gugatan terhadap paten LTE. Mengutip laman Korea Times, eksekutif Samsung mengungkap rencana mereka untuk menggugat Apple secepat mungkin, setelah Apple memperkenalkan perangkat yang menggunakan teknologi Long Term Evolution (LTE).

Apple sendiri sudah menggunakan LTE di perangkat The New iPad. Namun, para analis menyebut Samsung masih menunggu Apple merilis iPhone yang dilengkapi LTE. Setelah itu, baru aksi gugatan akan dilancarkan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: