Suara Demokrat Lari ke Nasdem? Ini Kata Anas

Otonominews via VIVAnews

Survei terbaru lembaga Trust Indonesia menunjukkan banyak suara Partai Demokrat yang hilang. Para pemilih Demokrat banyak yang mengalihkan dukungannya ke Partai NasDem.

Menanggapi hasil survei itu, Ketua Umum Demokrat, Anas Urbaningrum mengatakan perpindahan suara pemilih itu hanya bersifat sementara. Anas yakin, para pemilih segera kembali memilih partainya.

“Mungkin ada yang berencana jalan-jalan sebentar, tetapi nanti akan balik lagi ke Partai Demokrat,” kata Anas kepada VIVAnews di Yogyakarta, Rabu 8 Agustus 2012.

Menurutnya, para pemilih saat ini masih belum memutuskan partai mana yanag akan dipilih pada pemilu 2014 mendatang. Para pemilih, kata Anas, sedang menjajaki partai lain. Namun, tambah dia, pada 2014 mendatang, para pemilih itu akan kembali ke Partai Demokrat. “Tidak apa-apa jalan-jalan sebentar, itu biasa,” ujar Anas.

Sebelumnya, lembaga survei Trust Indonesia memprediksi Suara pemilih partai Demokrat akan beralih ke partai NasDem pada pemilihan umum tahun 2014 mendatang.

Survei Trust Indonesia itu dilakukan pada 8-22 Juli 2012. Survei ini dilakukan terhadap 1996 responden di 33 provinsi seluruh Indonesia pada 8-22 Juli 2012. Survei ini dilakukan di 200 sample desa dengan metode multistage random sampling.

Dengan perbandingan sample rural-urban sebesar 65 persen-35 persen dan gender 50-50 persen. Penelitian ini menggunakan margin of sampling error sebesar 2,5 persen dengan kepercayaan 95 persen.

Menurut hasil survei ini, perolehan suara Demokrat pada tahun 2009 mencapai 375 suara. Sementara survei saat ini hanya memperoleh 232 suara. Sehingga jumlah suara yang hilang sebesar 143 suara.

Dari hasil survei, beberapa penyebab pemilih berpindah partai adalah karena kasus korupsi, integritas moral anggota partai, ideologi, program kerja, tokoh dalam partai dan peduli pada rakyat. Selain itu, seringnya Nasdem beriklan di media mainstream juga mempengaruhi popularitas partai ini.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: