Presiden Gelar Rapat dengan Menteri Ekonomi

Otonominews via VIVAnews.com

Setelah safari rapat dengan penegak hukum di Kejaksaan Agung, hari ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono rapat dengan sejumlah menteri bidang perekonomian. Dalam rapat ini, Presiden menekankan pentingnya sektor perindustrian.

Menteri yang diundang untuk rapat hari ini adalah Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan  dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Kementrian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto Jakarta.

Menurut SBY, pertemuan ini akan fokus pada sejumlah hal yang mesti dilakukan ketiga kementerian itu pada dua tahun terakhir ini . Fokus itu menjadi penting untuk memastikan perekonomian nasional terjaga dan tetap tumbuh. “Dalam arti growth kita jaga tetap di atas 6 persen ketika dunia mengalami krisis seperti ini,” kata SBY saat membuka pertemuan.

Sektor perindustrian, lanjutnya, memiliki arti penting untuk memajukan sektor riil sehingga lapangan pekerjaan bisa tercipta lebih banyak. “Kita sangat mengharapkan kontribusi dunia industri, kemiskinan terus menerus kita turunkan. Semua punya peran di sini dan semuanya kita laksanakan tanpa harus merusak lingkungan yang kita miliki,” ujarnya.

Sementara, sektor perdagangan juga memiliki kontribusi penting dalam pertumbuhan perekonomian terlebih ketika pasar global bermasalah seperti sekarang ini. “Perdagangan domestik untuk sebuah negara yang berukuran besar seperti ini, dengan bentangan geografi dan besarnya jumlah penduduk, tidak boleh diabaikan,” ujarnya.

Sedangkan untuk urusan penamaman modal atau investasi, kata SBY, Pemerintah akan mengubah perekonomian pada jangka menengah dan jangka panjang. Akan lebih banyak memproduksi lagi apa yang perlu diproduksi di negeri ini. “Kami sudah punya master plan MP3EI. Kami ingin mengubah tatatanan dalam negeri ini. Misalnya di bidang mineral tidak hanya usaha pengolahan tambang tapi industri pertambangan,” katanya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: