Harga Kedelai Naik, Perajin Tempe Mogok Kerja

Pusat Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Puskopti) DKI Jakarta melakukan mogok produksi sementara hingga Jumat (27/7/2012). Aksi tersebut merupakan respons dari kenaikan harga kedelai di pasaran. Suharto, Ketua Puksopti DKI Jaya, mengatakan, mogok produksi tersebut akan dilakukan mulai besok, Rabu, 25 Juli 2012, hingga Jumat, 27 Juli 2012. Mogok produksi itu pun telah disepakati oleh pengurus di lima wilayah di Jakarta.

“Kita koordinasi bersama-sama dan menyampaikan jalannya pelaksanaan demo mogok produksi, kita juga menjalin kebersamaan karena para perajin tempe-tahu senasib sepenanggungan menghadapi kenaikan harga kedelai,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (24/7/2012).

Suharto melanjutkan, setelah hari Jumat, harga jual tempe akan ditingkatkan dari harga semula Rp 6.000 menjadi Rp 8.000. Ia juga berharap pemerintah menghapus bea masuk yang semula 5 persen menjadi 0 persen. “Meskipun, itu enggak terlalu ngaruh karena perdagangan kedelai adalah perdagangan bebas yang bisa dikendalikan pasar internasional,” lanjutnya.

Imbas ke pedagang

Kenaikan harga tempe disesalkan pedagang gorengan, Yayuk (33). Ia yang sehari-hari berdagang di depan Polsek Jatinegara tersebut mengungkapkan, kenaikan harga tempe itu akan mengurangi omzet penjualannya. “Iyalah (omzetnya berkurang), kan, kita jualnya dengan harga sama,” ujarnya.

Hari ini saja, Yayuk mengaku untung-untungan mendapatkan tempe di pasaran. Pasalnya, telat beberapa jam saja dari subuh, barang yang jadi menu favorit di keluarga Indonesia tersebut sudah habis terjual. “Untung saya belinya subuh,” lanjutnya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: