Lagi, Pria Tua Bakar Diri di Israel

otonominews via vivanews.com

Seorang pria Israel berkursi roda membakar dirinya sendiri di sebuah halte bus di Tel Aviv pada Minggu waktu setempat. Ini adalah peristiwa bakar diri kedua dalam sepekan yang terjadi di negara tersebut.

Diberitakan Reuters, pelaku bakar diri itu adalah veteran perang Israel yang mengalami lumpuh pada kedua kakinya. Menurut polisi dan tim medis, pria yang tidak disebutkan namanya ini mengalami luka bakar 80 persen, atau hampir sekujur tubuhnya.

Belum diketahui dengan pasti motif bakar diri pria berusia 50 tahunan ini. Namun, kawannya di organisasi veteran cacat Israel mengatakan bahwa kemungkinan alasannya adalah kesulitan ekonomi.

“Dia punya kisah yang memilukan. Keadaan emosi dan ekonominya tidaklah mudah,” kata Dudi Gilboa, kawan pria tersebut.

Kepada Israel Radio, Gilboa mengatakan bahwa dia dan pelaku tengah memperjuangkan rehabilitasi dan bantuan ekonomi bagi veteran cacat. Namun, belum terwujud hingga saat ini. “Kami telah kehilangan kawan di medan perang, kami tidak ingin kehilangan lagi dengan cara ini,” kata Gilboa.

Sebelumnya, peristiwa bakar diri juga dilakukan oleh pria di negara zionis tersebut. Pria bernama Moshe Silman pekan lalu membakar dirinya pada sebuah demonstrasi memprotes kenaikan harga perumahan dan bahan makanan. Silman, 57, kemudian meninggal akibat luka bakar yang parah pada Jumat lalu. Kematiannya menuai kecaman dari rakyat Israel mengenai tingginya harga di negara tersebut. Publik Israel menuduh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu lebih mementingkan rakyat kaya ketimbang yang miskin.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: