PPP Pilih Jokowi Atau Foke?

Berkaca dari perhitungan cepat (quick count), Pilkada DKI Jakarta kemungkinan akan melaju ke putaran dua dengan dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Ada dua calon yang kuat melaju, yakni Joko Widodo (Jokowi) – Basuki T. Purnama (Ahok) dan pasangan Fauzi Bowo (Foke) – Nachrowi Ramli (Nara).

Sekretaris Jenderal DPP PPP, M. Romahurmuziy, menyatakan, partainya belum memutuskan pengalihan dukungan terkait kekalahan pasangan Alex Noerdin – Nono Sampono dalam putaran pertama Pilkada DKI Jakarta. “Tapi, insya Allah pekan depan atau sebelum ramadhan nanti kami akan punya keputusan soal ini,” kata Romi, sapaan Romahurmuziy, kepada VIVAnews, Senin 12 Juli 2012.

Tapi, Romi menegaskan bahwa pola dukungan PPP putaran kedua akan lebih bersifat ideologis daripada sekedar kepentingan taktis. “Artinya ini tidak lagi soal menang kalah. Karena partai-partai politik pada putaran kedua ini akan lebih mengacu kepada selera konstituennya. Paling tidak PPP akan lebih mengacu pada afilisasi emosional, sosiologis, dan politis dari konstituen kami,” jelas Romi.

PPP, imbuhnya, akan menyerap aspirasi yang berkembang di bawah untuk menentukan akan mendukung Foke atau Jokowi pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Untuk itu, PPP akan menggelar rapat koordinasi dengan seluruh pengurus DPW dan DPC di DKI Jakarta. “Akan ada keputusan partai dari rapat koordinasi ini dan sifatnya bottom up,” kata Romi.

Menurut dia, putaran kedua Pilkada DKI Jakarta akan menjadi ajang pertaruhan soliditas partai. Menurut Romi, kekalahan pasangan Alex-Nono pada putaran pertama Pilkada DKI Jakarta kemarin karena soliditas partai yang lemah.

“Kami berantakan di putaran pertama ini. Dengan perolehan Alex yang jauh di bawah perolehan PPP dan Golkar, artinya mesin partai jalan pada tingkat struktur saja, tapi pada tingkat massa tidak efektif. Jadi perintahnya tidak jalan. Gabungan PPP-Golkar saja seharusnya 11 persen, kok Alex cuma dapat 4 persen. Soliditas partai di pilkada DKI Jakarta pada putaran pertama ini lemah,” kata Romi.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: