Apa Sikap PKS: Dukung Foke atau Jokowi?

Kubu Hidayat-Didik mengaku belum menentukan sikap apakah akan berkoalisi dengan kubu Foke-Nara atau kubu Jokowi-Ahok pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta yang akan dihelat 20 September 2012.

“Untuk putaran kedua Pilkada, kami belum menetapkan sikap. Kami masih fokus pada penyelesaian perhitungan sampai pengumuman KPUD,” kata Tim Sukses Hidayat-Didik, Yudi Widiana Adia, kepada VIVAnews, Kamis 12 Juli 2012.

Hidayat-Didik sebagai pasangan calon gubernur-wakil gubernur yang diusung PKS sendiri hampir dipastikan tidak lolos ke putaran dua Pilkada DKI Jakarta. Hasil quick count sejumlah lembaga survei seragam menempatkan pasangan nomor urut empat ini di posisi ketiga dengan perolehan suara sekitar 11 persen, di bawah Jokowi-Ahok dan Foke-Nara.

Meski belum menentukan sikap, Yudi mengatakan PKS memiliki tiga opsi menghadapi putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. “Pilihannya ke Foke, Jokowi, atau tidak ke keduanya. Saat ini masih terlalu dini untuk menentukan sikap,” ujarnya.

Suara PKS pada Pilkada DKI putaran pertama kemarin yang mencapai kurang lebih 11 persen itu kini diincar oleh kubu Jokowi maupun Foke. Jokowi harus mengamankan selisih 9,6 persen suaranya dengan Foke apabila ia ingin mengamankan posisinya.

Berdasarkan quick count Lembaga Survei Indonesia, Jokowi-Ahok berada di posisi teratas dengan raihan suara 43,14 persen, Foke-Nara berada di posisi kedua dengan suara 33,54 persen, sementara Hidayat-Didik menempati posisi ketiga dengan raihan suara 11,24 persen.

Jokowi sendiri sudah menemui Hidayat secara personal untuk bersilaturahmi. Ia tidak menyebut pertemuan itu untuk membangun koalisi. Untuk diketahui, Hidayat merupakan tim sukses Jokowi saat Jokowi maju ke pertarungan Pilkada Solo, sehingga keduanya memiliki hubungan baik sampai saat ini.

Di sisi lain, Wakil Sekjen Demokrat Ramadhan Pohan secara blak-blakan mengatakan Demokrat berharap pada limpahan suara PKS untuk memenangkan Foke. “Ada potensi 20 persen dari partai-partai yang calonnya kalah, di mana 12 persennya berasa dari pendukung Hidayat Nur Wahid. Artinya, situasi sangat mungkin bisa berubah,” ujar dia.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: