Posko Saweran Terima Rp206 Juta dan Domba

Otonominews via VIVAnews

Bukti cinta dan dukungan rakyat kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengalir tanpa henti ke posko saweran pembangunan gedung KPK.

Koordinator posko Ilian Deta Artasari mengatakan, hingga Minggu 8 Juli 2012 pukul 16.00 WIB, pihaknya menerima uang Rp206.266.673 dari rekening, uang tunai, maupun wesel. “Di beberapa daerah pengumpulan saweran masih dilakukan,” kata dia saat dihubungi VIVAnews, Senin 9 Juli 2012.

Tidak hanya berupa uang, posko saweran juga menerima pintu teralis, 4 sak semen, 1 gulung kawat, 1 dus lantai keramik, 2 buah genting, 20 batu bata, paku 2 kilogram, dan cetok 2 buah. “Hari ini Bang Teten (Aktivis antikorupsi, Teten Masduki) akan menyumbang domba Garut yang biasa untuk kontes. Sore ini akan dilelang,” kata Ilian. Hasil pelelangan ini akan masuk ke posko saweran.

Seperti diketahui, berdirinya posko saweran adalah reaksi terhadap sikap Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang masih menolak pengajuan anggaran gedung baru KPK. Ada sejumlah alasan yang diajukan, dari masalah efisiensi hingga status KPK yang ad hoc alias tak permanen.

Ilian menambahkan, posko saweran akan terus menggalang dana dari masyarakat hingga batas waktu yang tidak ditentukan. “Kami masih terus melihat perkembangan di DPR yang hingga saat ini belum jelas,” katanya.

Apakah tim pengumpul dana ini optimistis bisa mengumpul dana Rp225,7 miliar sebagaimana yang diperlukan KPK?  “Jumlah itu memang banyak. Tapi daripada diam menunggu tanpa kepastian lebih baik bertindak,” kata Ilian.

Saweran dan dukungan kepada KPK, dia menambahkan, adalah bentuk perlawanan masyarakat pada DPR yang dianggap menyandera komisi antikorupsi itu. “Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Jangan remehkan kekuatan rakyat. Dari hembusan, gelombang, ini akan menjadi bah yang menerjang DPR.

Bagi masyarakat yang masih ingin menyumbang pembangunan gedung KPK, bisa dikirim ke rekening BNI Cabang Melawai Jakarta Selatan nomor rekening 0056124374 atas nama perkumpulan ICW. Pihak koalisi membatasi jumlah sumbangan yakni maksimal Rp10 juta saja.

Selain mengumpulkan uang saweran melalui rekening, koalisi juga membuka posko koin untuk KPK di halaman Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: