Diare, KPK Putuskan Status Neneng Hari Ini

Otonominews via VIVAnews

Tersangka kasus korupsi PLTS di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Neneng Sri Wahyuni dirawat di RS Polri karena sakit diare. Komisi Pemberantasan Korupsi akan memutuskan status yang bersangkutan hari ini.

“Akan diperiksa kembali kesehatan Neneng, hari ini. Nanti akan diputuskan statusnya apakah dibantarkan atau sudah bisa kembali ke tahanan,” kata juru bicara KPK Johan Budi SP dihubungi VIVAnews, Senin 9 Juli 2012.

Dia menjelaskan Neneng menginap di RS Polri sejak Jumat malam lalu. “Dia mengaku sakit diare. Kami akan cek lagi apakah kronis atau tidak,” katanya lagi.

Neneng diduga terlibat dalam kasus korupsi PLTS tahun 2008 itu. KPK menilai keterangan Neneng penting untuk mengungkap kasus-kasus yang melibatkan perusahaan milik suaminya, Muhammad Nazaruddin.

“Sejauh memang ada informasi yang diberikan oleh Neneng, misalnya dalam pengembangan kasus dugaan suap wisma atlet Palembang ataupun yang lain,” kata Johan beberapa waktu lalu.

Beberapa kasus yang melibatkan kelompok usaha milik Nazaruddin diantaranya kasus wisma atlet SEA games, kasus pembangunan pusat olah raga di Hambalang, kasus pengadaan laboratorium Kemendiknas dan kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pembelian saham Garuda.

Johan menilai, Neneng sebagai Direktur Keuangan PT Anugerah Nusantara memiliki informasi dan keterangan yang penting untuk mengungkap skandal korupsi di Kemenpora dan proyek lain yang juga menjerat suaminya, Muhammad Nazaruddin. PT Anugerah Nusantara adalah salah satu anak perusahaan dibawah Grup Permai, milik Muhammad Nazaruddin.

“Karena dia salah satu direktur di PT Anugerah Nusantara,” katanya.

Kendati begitu, KPK, lanjut Johan masih fokus pada pemeriksaan Neneng terkait kasusnya sendiri yakni kasus korupsi PLTS di Kemenakertrans tahun 2008. Neneng bersama suaminya Nazaruddin dianggap memperkaya diri sendiri dan orang lain.

Dari proyek APBN senilai Rp8,93 miliar itu, Nazar dan Neneng diuntungkan Rp2,7 miliar. “Saat ini fokus KPK pada kasus PLTS,” ujar Johan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: