Inggrid: Saya Tak Yakin Harga Quran Rp1 Juta

Otonominews via VIVAnews.com

Anggota Komisi Agama DPR Inggrid Kansil mengaku heran apabila Alquran yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama dihargai Rp1 juta per eksemplar.
“Saya tak yakin jika harga Alquran tersebut Rp1 juta per buku. Itu Alquran seperti apa?” kata Inggrid di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 4 Juli 2012. Menurutnya, hampir semua anggota Komisi VIII mendapat jatah sekitar 500 eksemplar Alquran dari Kemenag.

“Itu untuk dibagikan ke daerah pemilihan masing-masing,” kata istri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarief Hasan itu. Lebih lanjut, Inggrid menjelaskan pengadaan Alquran itu memang ditujukan untuk masyarakat yang membutuhkan.
Oleh karena itu Inggrid merasa tak ada salahnya anggota dewan ikut membantu mendistribusikan ratusan Alquran itu kepada pihak-pihak yang memerlukannya di dapil mereka seperti sekolah Islam, majelis taklim, atau madrasah.
“Anggota dewan kan representasi masyarakat. Sepanjang pendistribusian Alquran ini bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan ada buktinya bahwa masyarakat telah menerima, menurut saya tidak masalah. Kami kan hanya membantu menyalurkan, dan ini bukan dalam bentuk uang, tapi wujud Alquran,” papar politisi Demokrat itu.
Secara terpisah, Direktur Urusan Agama Islam di Kementerian Agama, Ahmad Jauhari, mengatakan akan mengecek ke bagian pengiriman Kemenag soal jatah Alquran untuk Komisi VIII DPR itu. “Saya belum satu tahun di posisi ini. Komisi VIII itu mitra kerja kami, jadi mungkin untuk konstituen karena tidak semua konstituen mampu membeli Alquran, terutama yang miskin,” kata dia.
Rekan sefraksi Inggrid di Demokrat, Benny K. Harman, adalah pihak yang pertama kali mengungkap soal jatah Alquran untuk masing-masing anggota Komisi VIII ini. “Satu unit Alquran katanya seharga Rp1 juta, jadi itu sudah Rp500 juta per orang. Ini harus diusut karena korupsi kasat mata,” kata mantan Ketua Komisi Hukum DPR itu.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: