Zulkarnaen Djabar Belum Pernah Dipanggil KPK

Otonominews via VIVAnews

Hingga hari ini, anggota Badan Anggaran DPR dari Fraksi Golkar Zulkarnaen Djabar yang menjadi tersangka kasus korupsi pengadaan Alquran belum juga menerima surat penetapan status tersangka dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tim pengacara Zulkarnaen menyatakan pihaknya hanya menerima dua bundel berkas acara penggeledahan dan penyitaan.

“Jangankan surat pemberitahuan tersangka, surat panggilan sebagai saksi juga tidak pernah ada,” kata HM Ismail, pengacara Zulkarnaen, kepada VIVAnews, Selasa 3 Juli 2012.

Ismail juga mengaku sampai hari ini kliennya belum menerima surat panggilan KPK untuk diperiksa dalam kasus di Kementerian Agama itu. Meski begitu, menurut dia, pihak Zulkarnaen tidak akan mempermasalahkan hal ini dan kliennya akan bersikap kooperatif.
“Memang ada banyak penafsiran soal kasus ini. Dan yang kebetulan dipakai pintunya adalah Pak Zul. Tapi kami akan hadapi, kami hormati. Apa yang diperlukan KPK akan kami penuhi,” ujar Ismail.
Ismail menegaskan sampai saat ini pihaknya baru menerima dua bundel berita acara dari KPK. Bundel itu berisi daftar barang-barang yang disita dan lokasi penyitaan. Karena belum mendapat surat resmi dari KPK, Ismail belum mengetahui materi perkara kliennya.
“Kita harus bicara yuridis formal, ada hitam di atas putih. Surat dari KPK tidak ada, maka itu saya belum bisa bicara soal materi perkara karena khawatir akan berubah-ubah,” ujar dia lagi.
Zulkarnaen dan putranya, DP, menjadi tersangka dalam kasus ini. KPK menduga Zulkarnain Djabar memerintahkan dan mengarahkan pejabat Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama untuk memenangkan PT Adhi Aksara Abadi Indonesia dalam proyek pengadaan Alquran. Selengkapnya, baca di sini.
Adapun DP, selaku Direktur Utama PT KSAI, diduga telah menyalurkan proyek-proyek di Kementerian Agama atas anjuran ZD. Antara lain: ke PT Adhi Aksara Abadi Indonesia untuk proyek Alquran dan PT BKM untuk pengadaan laboratorium komputer.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: