Takut Kelaparan Gara-gara RPP Tembakau Jadi Alasan Petani Demo ke Jakarta

OtonomiNews via detik.com

Jakarta – Sebanyak 10 ribu petani tembakau dari 6 provinsi berdemo di sepanjang jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta menolak disahkannya Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) soal tembakau yang bisa membatasi konsumsi rokok.
Salah seorang petani bernama Agus mengatakan para petani tembakau menahan menolak RPP tersebut dan berdemo di kantor Kementerian Kesehatan.

“Kita sudah tiga kali ke sini tapi tidak dianggap. Kalau RPP ini disahkan maka akan hancur-hancuran petani. RPP ini sama sekali tidak berpihak. Diversifikasi tembakau akan menyesatkan kita,” ujar Agus saat ditemui detikFinance pada demo tersebut, Selasa (3/7/2012).
Petani lainnya yaitu Rubadi dari Boyolali meminta pemerintah jangan sampai mengesahkan RPP tersebut. “Petani resah kalau disahkan, karena kami penghasilannya hanya dari tembakau, nanti kita kelaparan,” jelasnya.
Saat ini ribuan petani berjalan ke Kementerian Hukum dan HAM dan akan melanjutkan ke kantor Menko Kesra.
“Di Kemenkes nggak ada yang menemui kami karena RPP-nya ada di Kemenkokesra. Sekarang kita ke Kemenkum HAM dan lanjut ke Menko Kesra,” ujarnya.
Seperti diketahui industri rokok golongan besar, menengah maupun kecil saat ini tengah resah terhadap pengaturan rokok. Karena akan terbitnya peraturan turunan atas UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.
RPP Tembakau akan mengatur larangan penayangan iklan rokok, sponsor acara, kegiatan CSR, larangan penjualan rokok secara eceran, dan pada orang di bawah 18 tahun serta wanita hamil.
Isi RPP Tembakau, salah satunya pembatasan iklan produk tembakau, dan pencantuman gambar dalam bungkus rokok. RPP ini merupakan amanat UU Kesehatan. Peraturan ini diharapkan dapat melindungi anak-anak usia sekolah dari kecanduan merokok.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: