Dituding Politisasi Kasus, Ini Kata KPK

Otonominews via VIVAnews

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto menampik tudingan KPK menjadi alat politik. Dia pun menampik setiap kasus yang ditangani KPK dikaitkan sebagai rekayasa politik.
“Saya tidak tahu kalau penegak hukum lain, tetapi KPK tidak memungkinkan, karena forum di KPK bukan hanya pimpinan yang menentukan. Tetapi semua,” kata Bambang Widjojanto di Jakarta, Senin 2 Juli 2012.

Bambang menjamin KPK sebagai lembaga penegak hukum bersikap independen dalam menangani kasus. “Jangan dikira mereka (jajaran KPK) bisa dipengaruhi, mereka orang-orang cerdas dan independen. Mereka akan ngomong apa yang ada di pikiran,” ujar Bambang.
“Dan kami membangun kasus secara bersama-sama. Kasus bukan atas perintah atasan. Jangan samakan KPK dengan lembaga penegak hukum lain.”
Ditambahkan Bambang bahwa setiap kasus yang ditangani KPK lebih dulu diuji, sehingga suara penyelidik, penyidik, jaksa, dan lain-lain sama pentingnya dengan suara pimpinan KPK. “Jadi bagaimana mau main-main, susah. Memang sistem yang dibangun seperti itu,” terangnya.
Tudingan KPK merekayasa kasus kembali muncul setelah KPK meyidik sejumlah kasus yang terkait dengan sejumlah politisi. Dalam kasus restitusi pajak PT Bhakti Investama, menyeret nama Dewan Pakar Partai Nasdem Hary Tanoesoedibjo yang juga seorang pengusaha.
Yang paling anyar, kasus dugaan korupsi anggaran pengadaan kitab suci Alquran di Ditjen Bimas Islam dan pengadaan laboratorium komputer untuk Madrasah Tsanawiyah di Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama. Dalam kasus tersebut KPK menetapkan politisi Golkar ZD dan seorang swasta DP.
Atas penetapan itu, politisi Golkar menuding kasus tersebut diduga merupakan intervensi politik. “Dendam politik. Ada yang tidak suka dengan Golkar,” ujar Nudirman pada Rapimnas Partai Golkar, Sabtu pekan lalu.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: