Setelah Ditegur, Ruhut Digeser dari Baleg DPR

Selain di Komisi III, Ruhut selama ini duduk sebagai anggota Baleg DPR
Fraksi Partai Demokrat merotasi Ruhut Sitompul dari keanggotaan Badan Legislasi (Baleg) DPR menjadi Wakil Ketua Fraksi Politik Hukum dan Keamanan di MPR.
“Saya sekarang pimpinan fraksi Polhukam Demokrat di MPR,” kata Ruhut dalam pesan singkatnya, Kamis 28 Juni 2012. Rotasi Ruhut ini dibenarkan oleh Ketua Fraksi Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf.
Nurhayati menjelaskan, digesernya Ruhut dari Baleg DPR merupakan rotasi rutin yang dilakukan oleh Fraksi Demokrat. Pasalnya, sudah dua tahun terakhir Fraksi Demokrat tidak melakukan rotasi di parlemen.

“Sebelumnya kan ada perubahan anggota kami dari komisi ke komisi, dari badan ke badan. Jadi itu merupakan sebagian dari aktivitas fraksi. Struktur mengikuti semua perubahan itu,” ujar Nurhayati di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.
Nurhayati tak mau berkomentar banyak ketika ditanya soal apakah ada hubungan antara rotasi Ruhut dengan tuntutan Ruhut yang selama ini terbilang gencar untuk melengserkan Anas Urbaningrum dari jabatan Ketua Umum Partai Demokrat. Soal ini, Ruhut bahkan kena tegur.
“Saya tidak tahu karena itu bukan pekerjaan saya. Yang mengatur siapa yang di sini dan siapa yang di situ adalah Sekretariat Fraksi. Sekretariat yang mengerjakan semua itu karena dia yang mengetahui anggotanya ada di mana. Jadi bukan saya yang memindahkan Ruhut. Saya menandatangan saja,” papar Nurhayati.
Nurhayati menegaskan, rotasi adalah hal biasa yang dilakukan oleh semua fraksi di DPR. “Tidak ada yang luar biasa,” kata dia.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: