Tidak Gunakan Kondom,4 PSK Yobar Diadili

otonominews via papuapos.com
MERAUKE [PAPOS] – Empat Pekerja Seks Komersial (PSK) di Lokalisasi Yobar disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Merauke, Jumat (15/6). Keempat PSK tersebut yakni Herawati, Norma Indrayani, Umi dan Tri Hartati. Mereka diseret ke kursi pesakitan lantaran tidak menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks dengan lawan jenis hingga berdampak terhadap penyakit yang dideritanya.
Sebagaimana disaksikan Papua Pos, kemarin, proses persidangan dipimpin hakim tunggal, Benyamin, SH. Sedangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) adalah Jonathan, SH. Persidangan tersebut berlangsung cepat karena hanya dibacakan bentuk pelanggaran dan ancaman hukuman serta denda yang harus diselesaikan. Akibat perbuatan tersebut, para PSK melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2003 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke.

Dalam keterangan dihadapan majelis hakim, mereka melakukan hubungan dengan lawan jenis tanpa menggunakan kondom. Karena sedang dalam keadaan mabuk dan tak sadarkan diri. “Kami akui tidak menggunakan kondom ketika sedang mabuk. Itu adalah kesalahan dari kami sendiri dan siap mempertanggungjawabkan,” tuturnya.
Sesuai dengan ketentuan Perda yang diamanatkan, demikian Benyamin, bagi yang melakukan pelanggaran dengan tidak menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks, wajib hukumnya membayar denda senilai Rp 1.100.000. Jika denda tidak dapat diselesaikan, maka harus menjalani hukuman selama dua bulan penjara. Jadi, silakan para PSK mempertimbangkan secara baik-baik kembali.
Jika tidak ingin ditahan, katanya, silakan berhubungan dengan JPU untuk membayar denda. “Saya juga mengingatkan kembali agar tidak boleh mengulangi kembali perbuatan tersebut lagi. Jika sampai ada yang diproses kembali, tidak ada istilah untuk membayar denda. Tetapi begitu selesai sidang, langsung dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Merauke guna menjalani hukuman,” tegasnya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: