Hasil Survei: DPR Lembaga Paling Korup

OtonomiNews


Jakarta – KabarNet: Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) adalah Lembaga Paling Korup di Indonesia. Itulah persepsi mayoritas masyarakat di negeri ini. Sama seperti hasil beberapa kali survei yang pernah diselenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya, survei tahun ini pun hasilnya sama tidak berubah, yakni DPR berada di urutan pertama diantara lembaga-lembaga atau institusi yang dipandang korup. Demikian menurut hasil survei yang dilakukan lembaga survei nasional Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) di 33 provinsi selama 14-24 Mei 2012. Sebanyak 47 persen dari total responden, menyebut DPR sebagai lembaga paling korup di seluruh Indonesia dibandingkan dengan lembaga-lembaga pemerintah yang lain seperti kantor pajak, kepolisian, dan juga partai politik.

Terkait tanggapan responden terhadap DPR, Koordinator Survei SSS, Muhammad Dahlan menjelaskan berdasarkan survei yang dilakukan, sebagian besar responden yakni 62,4 persen atau 1.367 responden menilai anggota DPR sekadar mencari nafkah dan hanya 21,3 persen atau 466 responden yang menganggap anggota DPR telah menjalankan tugasnya.
“Kantor Pajak berada di urutan kedua lembaga paling korup, yakni 470 responden atau 21,4 persen dan di urutan ketiga kepolisian 11,3 persen. Sedangkan parpol hanya 3,9 persen,” kata Muhammad Dahlan saat menyampaikan hasil survei di Jakarta, Rabu (6/6/2012).
Selain itu sebagian responden yakni 52,6 persen atau 1.153 melihat bahwa DPR saat ini hanya sebagai tempat orang partai berkumpul, sementara yang menyatakan DPR sebagai tempat wakil rakyat berkumpul hanya 638 responden atau 29,1 persen.
Survei yang dilakukan SSS ini dilakukan dengan penarikan sampel menggunakan metode stratified random sampling, pengumpulan data melalui wawancara tatap muka terhadap 2.192 responden yang terdiri dari laki-laki sebesar 54,1 persen dan perempuan 45,9 persen.

Tanggapan Ketua DPR Marzuki Alie

Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua DPR Marzuki Alie menilai wajar dengan hasil survei SSS yang menyebutkan lembaga DPR sebagai lembaga terkorup.

Saat dihubungi, Marzuki mengatakan banyaknya pemberitaan media beberapa bulan belakangan ini tentang korupsi di DPR, memberi pengaruh kepada penilaian publik. “Survei itu momen sesaat dan saya memahami bagaimana persepsi publik terhadap DPR dengan berita-berita yang merusak citra yang dipublish secara masif,” ujar Marzuki, Rabu (6/6/2012).

Meski demikian, Marzuki mengakui bahwa memang ada kasus-kasus yang menyeret sejumlah anggota DPR. Untuk itu, lanjutnya, perlu bagi anggota DPR untuk berbenah. “Untuk itu saya mengajak semua anggota DPR untuk merespons positif survei tersebut dengan perbaikan kinerja ke depan,” kata Marzuki.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini juga menilai, hasil survei SSS ini juga menjadi pelajaran bagi partai politik. Sebab, legislator di DPR adalah anggota dan hasil rekrutmen dari partai politik. “Harus evaluasi masing-masing anggota dewan dan partai ke depan lebih baik proses rekrutmennya,” tukas Marzuki.

Dari 2.192 responden yang diteliti pada 33 provinsi di seluruh Indonesia sejak tanggal 14-24 Mei 2012 menilai sebagai berikut:

Urutan ke 1 Paling Korup:
1.030 responden atau 47 persen menilai DPR sebagai lembaga paling korup di Indonesia.

Urutan ke 2 Paling Korup:
470 responden atau 21,4 persen menilai Kantor Pajak sebagai lembaga terkorup setelah DPR.

Urutan ke 3 Paling Korup:
11,3 persen dari total responden menilai Kepolisian sebagai lembaga terkorup setelah DPR dan Kantor Pajak.

Urutan ke 4 Paling Korup:
3,9 persen dari total responden menilai partai-partai politik (parpol) sebagai lembaga terkorup setelah ke empat lembaga yang tersebut di atas.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: