Dihadang Polisi, Massa KNPB Berulah

OtonomiNews via cenderawasihpos.com


Masa KNPB dari Jayapura Saat di hadang di Lingkaran Abepura Senin 04/06 pukul 15.30 wit
Di Sentani, Massa KNPB Dibubarkan Paksa
JAYAPURA – Sejumlah massa Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang longmarch dari Perumnas III Waena menuju di lingkaran Abepura, berulah, setelah mereka dihadang aparat kepolisian di Jalan SPG Waena, Senin (4/6) kemarin.
Massa KNPB itu berulah dengan melakukan aksi pengrusakan terhadap kios warga yang ada di jalan SPG Waena dan melakukan pelemparan terhadap ATM Bank Mandiri yang berada di Perumnas III  hingga kacanya pecah.
Aparat kepolisian yang menghadang massa KNPB itu dipimpin langsung Kapolresta Jayapura AKBP Alfred Papare,SIK dengan menurunkan 3 Kompi Brimob serta 3 mobil barakuda dan 1 unit mobil watercanon.

Pantauan Cenderawasih Pos di lapangan, meski aparat berhasil menghalau/menahan pergerakan massa KNPB, namun kondisi tersebut nyaris diwarnai bentrok aparat Kepolisian dengan massa KNPB, sebab sejumlah massa itu sempat melakukan pelemparan batu ke arah aparat.
Kendati massa sempat melakukan pelemparan batu ke arah aparat, namun aksi pelemparan ini tidak berlangsung lama,  karena massa KNPB  bisa dikendalikan Kapolres Jayapura Kota AKBP Alfred Papare,SIK.
Sedangkan massa KNPB lainnya yang berkumpul di Expo Waena yang rencananya akan bergabung dengan massa lainnya di lingkaran Abepura kemudian diarahkan petugas Kepolisian menuju Sentani dengan menggunakan 4 truk.
Sementara itu massa KNPB yang datang dari Jayapura dengan menggunakan 10 motor dan 3 truk dihadang aparat kepolisian di lampu merah lingkaran Abepura. Namun setelah berkoordinasi dengan Kapolresta Jayapura massa kemudian diperbolehkan menuju Sentani dengan pengawalan aparat Kepolisian yang berseragam lengkap.
Akibat adanya demo KNPB tersebut, aktivitas di Kota Abepura terhenti karena tidak adanya kendaraan umum yang beroperasi, sehingga masyarakat pengguna angkutan umum seperti siswa SMA, SMP, maupun SD harus berjalan kaki dari sekolahnya.
Sejumlah pertokoan di Abepura dan Waena juga memilih tutup, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Sementara dari Sentani dilaporkan bahwa massa KNPB yang awalnya akan berdemo ke arah Kota Jayapura kemudian kembali ke arah Sentani setelah mereka dihadang oleh aparat Kepolisian saat mereka tiba batas kota di wilayah Waena.
Saat massa tersebut kembali ke arah Sentani, aparat Kepolisian juga melakukan pengawalan. Namun setelah melewati Polsek Sentani Timur di Kampung Harapan, tepatnya di depan pintu gerbang Khalkote, massa yang mulanya naik truk itu kemudian turun dari truk dan mengambil batu untuk melempari warga sekitar Kampung Harapan, dan juga memecahkan kaca, dan jendela rumah warga. Selain itu, mobil yang parkir juga ikut dilempari hingga kaca depan mobil pecah.
Massa KNPB itu juga melepas anak panah ke arah polisi dan juga ke arah warga, sehingga ada juga warga yang menjadi korban akibat aksi itu.
Melihat aksi massa KNPB itu, aparat Kepolisian pun kemudian membubarkan paksa massa tersebut, bahkan sempat mengeluarkan tembakan peringatan, sehingga massa KNPB itu pun lari ke arah rumah-rumah warga  maupun lari ke arah hutan sagu untuk menyelamatkan diri.
Kapolres Jayapura AKBP A. Wantry Yulianto yang dimintai keterangannya soal pembubaran paksa massa KNPB itu enggan berkomentar. Namun hingga sore kemarin, aparat masih melakukan penjagaan secara ketat.
Hingga berita ini diturunkan belum diketahui berapa jumlah korban dari warga akibat amukan massa KNPB itu, tetapi setidaknya diketahui ada seorang warga yang terkena panah di bagian punggung.

Sementara di kota Abepura, Waena dan sekitarnya  yang pada sore hari sempat sepi dari aktivitas karena adanya demo tersebut, pada malam harinya aktivitas masyarakat maupun perekonomian kembali normal.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: