Besok, Irwandi Layangkan Gugatan ke MK

Irwandi Yusuf, (foto : waspada.co.id)

OtonomiNews – via seputar-indonesia.com – Pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan dipastikan akan mengajukan gugatan hasil Pilkada Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) ke Mahkamah Konstitusi (MK).
Saat ini tim pemenangan pasangan dari jalur independen tersebut sedang mengumpulkan seluruh berkas yang diperlukan untuk proses hukum. “Sekarang tinggal menyiapkan analisis hukum, pengisian form gugatan, sementara pemberkasan lainnya dinyatakan rampung. Paling tidak Jumat (besok) kita pastikan berkas sudah dibawa ke Jakarta,”kata tim Humas Pemenangan Pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, Thamrin Ananda, di Banda Aceh kemarin.
Thamrin yang juga Sekretaris Partai Rakyat Aceh (PRA) ini,mengungkapkan bahwa pihaknya akan menyiapkan sepuluh orang pengacara baik dari Aceh dan Jakarta.Dia berkeyakinan waktu tiga hari untuk menggugat hasil pilkada dapat terpenuhi. “Hari ini (kemarin) 90% persiapan berkas sudah kita siapkan,”jelasnya.

Adapun berkas yang akan diajukan ke MK di antaranya surat kuasa kandidat pada para pengacara dan dokumen buktibukti intimidasi dalam proses pilkada. Selain itu, pihak Irwandi juga menyiapkan sejumlah saksi-saksi. Seperti diketahui, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menetapkan pasangan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf sebagai gubernur dan wakil gubernur NAD terpilih periode 2012–2017.
Pasangan yang diusung Partai Aceh itu meraih 1.327.695 suara atau 55,78% dari total 2.380.386 suara sah. Urutan kedua pasangan Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan dengan perolehan suara 694.515 atau 29,18%. Kemudian, pasangan Muhammad Nazar dan Nova Iriansyah memperoleh 182.079 suara atau 7,65%, disusul pasangan Darni M Daud dan Ahmad Fauzi meraih 96.767 suara atau 4,07%.
Terakhir pasangan Tengku Ahmad Tajuddin dan Teuku Suriansyah meraih 79.330 suara atau 3,33%. Sementara itu, KIP Aceh menyatakan siap menghadapi jika ada gugatan hasil pilkada yang diajukan ke MK. “Kami siap menghadapinya jika ada pasangan calon yang merasa berkeberatan dengan hasil pilkada gubernur dan wakil gubernur Aceh,” kata Wakil Ketua KIP Aceh Ilham Saputra.
Menurut Ilham, pasangan calon lainnya yang merasa keberatan atas penetapan hasil pilkada tersebut bisa mengajukan gugatan ke MK.“Kami senang jika ada pihak yang berkeberatan mengajukannya secara resmi ke MK, tidak dengan cara mendatangkan massa berunjuk rasa ke KIP Aceh,”ujarnya. Selain siap menghadapi gugatan tersebut, kata dia, KIP Aceh juga menyiapkan pengacara yang akan menangani gugatan selama persidangan di MK.
“Anggaran untuk pengacara tersebut juga telah dialokasikan. Dan ini juga sudah dipikirkan sejak awal, sehingga KIP tidak kewalahan jika ada pihak yang menggugat hasil pilkada,”terangnya. Meskipun sudah menyiapkan diri, sejauh ini pihaknya belum menerima informasi ada pihak yang mengajukan gugatan hasil pilkada ke MK. Ilham mengingatkan, waktu pendaftaran gugatan selama tiga hari setelah penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih. Jika penetapannya Selasa (17/4), paling telat gugatan tersebut didaftarkan ke MK Jumat.  saleh/ant

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: