Targer Gelar di Palestina

Nil Maizar

Pelatih Timnas Indonesia yang baru, Nil Maizar. (Foto : Harian Singgalang Padang)

OtonomiNews – via Seputar-indonesia.com – Nil Maizar dipastikan menangani tim nasional (timnas) Indonesia senior. Mantan juru taktik Semen Padang ini dikontrak selama setahun dan bertugas membawa Merah Putih di ajang Al-Nakbah International Tournament, Palestina, 13–24 Mei mendatang.

Nama pelatih berusia 41 tahun itu sempat mencuat beberapa waktu lalu,setelah PSSI yang dipimpin Djohar Arifin Husin mengadang-gadang namanya sebagai calon pelatih timnas senior.Namun,kepastian sebagai pelatih baru diresmikan kemarin, dengan pertimbangan timnas Indonesia akan menjalani beberapa agenda penting dalam beberapa waktu ke depan.PSSI menilai,Nil sebagai pelatih lokal terbaik dan diyakini mampu mengangkat prestasi timnas.

Tugas pertama Nil membawa timnas Merah Putihke ajang Al-Nakbah International Tournament di Palestina.Di ajang tersebut,Indonesia akan berjibaku dengan Irak,Yordania,Mauritania,Pakistan, Sri Lanka,Tunisia,dan Uzbekistan.Meski sulit,PSSI berharap timnas Merah Putih meraih hasil maksimal. “Nil Maizar sudah pasti dengan timnas senior.Kami mengontraknya selama satu tahun.

Kami berharap timnas bisa mempunyai prestasi lebih baik lagi di tangannya.Sebab,dia merupakan salah satu pelatih lokal terbaik yang dimiliki Indonesia,”ungkap Penanggung Jawab Timnas Indonesia Benhard Limbong. Guna menambah kualitas Nil,PSSI berencana menyekolahkan pelatih kelahiran 2 Januari 1970 itu ke Jerman.PSSI bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jerman atau Deutscher Fussball-Bund (DFB).

Nil terbang ke Jerman akhir April ini dan mengikuti kurus kepelatihan selama dua pekan di Stuttgart,Jerman.”Ini untuk kepentingan timnas juga.Kami akan bekerja sama dengan DFB,”papar Limbong,yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Disiplin (Komdis) PSSI tersebut. Limbong juga membahas soal pemanggilan-pemanggilan pemain yang tergabung dalam kompetisi Indonesian Super League (ISL) untuk masuk skuad timnas senior.

Menurut Limbong,sampai saat ini komunikasi antara PSSI––yang diwakili koordinator timnas Bob Hippy––sudah dimulai sejak PSSI mengumumkan akan memanggil pemain-pemain dari ISL.Seluruh pemain sudah mendapat surat panggilan,tapi Limbong belum menerima laporan apakah pemain dari ISL menolak. Pria yang juga menjabat sebagai ketua tim rekonsiliasi PSSI tetap akan menunggu kehadiran pemain-pemain tersebut di Yogyakarta.“Semua sudah dikoordinasikan oleh koordinator timnas.

Yang pasti,kami akan menunggu hasilnya saat pemainpemain tersebut hadir di Yogyakarta,besok (hari ini),”tutur Limbong. Sekitar 51 pemain yang ambil bagian di kompetisi ISL dan Indonesian Premier League (IPL) memang sudah dipanggil PSSI untuk mengikuti pelatihan nasional (pelatnas).Dari jumlah yang ada,untuk timnas U-23,PSSI memanggil 20 pemain IPL dan 17 pemain ISL,dan pemain-pemain akan ditunggu kedatangannya sampai 18 April di Yogyakarta.

Sementara pemain yang dipanggil untuk timnas senior,yakni sembilan pemain diambil dari pemain-pemain yang bermain di luar negeri.Untuk pemain yang bermain di ISL,diambil sebanyak 11 pemain.Sementara untuk pemain yang ambil bagian di IPL dengan 24 pemain.Pemain-pemain ini ditunggu sampai Selasa (24/4) di Malang, Jawa Timur.

Joko Sasongko,punggawa Pelita Jaya Karawang yang menjadi salah satu pemain yang dipanggil untuk timnas U-23,sampai saat ini masih menunggu persetujuan dari klub yang dibelanya.Joko mengaku sudah berkomunikasi dengan Pelatih The Young Guns––julukan Pelita Jaya––Rahmad Darmawan soal kepastian apakah dirinya hadir dalam pemanggilan timnas muda Merah Putih.

“Saya tidak terlalu pusing dengan pemanggilan tersebut.Sampai saat ini saya hanya menunggu kabar dari manajemen klub.Tadi (kemarin),saya sudah berbicara dengan pelatih,pelatih pun menyerahkan semuanya kepada manajemen.Kalau manajemen memberikan izin,saya pasti datang,”tandas Joko. decky irawan jasri

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: